Lowongan Kerja 2017- 2018 PNS, BUMN, Persero dan Swasta untuk SMK D3 dan S1,Lowongan Kerja Update 2016-2017

05/09/17

Info Lowongan CPNS Kemendikbud September 2017

Info Lowongan CPNS Kemendikbud 2017 - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau yang sering disingkat sebagai Kemendikbud atau Kemdikbud merupakan kementerian dalam Pemerintah Indonesia dalam hal ini adalah yang membidangi urusan pendidikan dan kebudayaan. Pimpinan Kemendikbud yaitu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) yang dahulu kala pada tanggal 22 Oktober 2009 dipimpin oleh Mohammad Nuh. Seiring jalannya waktu nama Kementerian ini berubah menjadi “Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan” yang pada waktu itu disetujui oleh DPR pada 18 Oktober 2011. 

Info Lowongan CPNS Kemendikbud 2017,CPNS Kemendikbud 2017
Info Lowongan CPNS Kemendikbud 2017

Pada tahun 2011 Istilah departemen di Kemendikbud diganti menjadi diganti menjadi kementerian dan di tahun 2012 bidang pendidikan dan kebudayaan mulai disatukan kembali menjadi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud ). Pada saat era reformasi Kemnedikbud menghasilkan beberapa Kebijakan penting  yang antara lain adalah perubahan IKIP menjadi universitas, reformasi undang-undang pendidikan dengan lahirnya Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Ujian Nasional (UN), sertifikasi guru dan dosen, Bantuan Operasional Sekolah (BOS), pendidikan karakter, dll.

Pada tahun 2017 ini tepatnya dibulan September Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) saat ini telah membuka lowongan CPNS 2017 Terbaru sebagai bentuk pencarian tenaga kerja yang memiliki komptensi dan semangat kerja yang handal. Penulis mengharapkan dengan adanya informasi Lowongan CPNS 2017 para pencari kerja mendapatkan kesempatan dan informasi penting yang dapat membantu. Dibawah ini kami jelaskan persyaratan dan langkah-langkah yang harus dipenuhi oleh para pencari pekerjaan.


Proses Seleksi CPNS Kemendikbud :

Seleksi dilaksanakan dalam 3 (tiga) tahap berikut :

  1. Seleksi administrasi dilaksanakan bagi pelamar yang telah memenuhi persyaratan tata cara pendaftaran.
  2. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dilaksanakan bagi pelamar yang memenuhi persyaratan (MP) seleksi administrasi. Seleksi dilaksanakan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT), dengan cakupan materi meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Inteligensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).
  3. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dilaksanakan bagi pelamar yang memenuhi persyaratan (MP) SKD, dengan materi psikotes lanjutan (tes kemampuan berpikir lanjutan, tes kepribadian lanjutan, dan tes penilaian diri (self assessment)).

Kriteria Pencari Kerja CPNS Kemendikbud :
  • Kebutuhan dari masing-masing jabatan diperuntukan bagi pelamar dengan kriteria :
    1. Lulusan Terbaik (Cumlaude) adalah pelamar lulusan terbaik dari Perguruan Tinggi terakreditasi A/Unggul dan Program Studi terakreditasi A/Unggul pada saat lulus dan dibuktikan dengan keterangan lulus cumlaude / pujian pada ijazah atau transkrip nilai
    2. Disabilitas adalah pelamar yang menyandang disabilitas tuna daksa dengan kriteria mampu melakukan tugas seperti menganalisa, mengetik, menyampaikan buah pikiran, dan berdiskusi.
    3. Putra/Putri Papua dan Papua Barat adalah pelamar dengan kriteria:
      • Menamatkan pendidikan SD atau yang sederajat, SMP/SLTP atau yang sederajat, dan SMU/SLTA atau yang sederajat di wilayah Papua dan Papua Barat.
      • Garis keturunan orang tua (ayah kandung) asli Papua dan Papua Barat yang dibuktikan dengan Surat Akta Kelahiran pelamar, Fotokopi KTP ayah kandung, dan surat keterangan hubungan keluarga dari kelurahan/kepala desa.
    4. Umum adalah pelamar yang tidak termasuk kriteria sebagaimana huruf a, b dan c diatas
  • Pelamar sebagaimana angka 1 (satu) wajib memenuhi persyaratan pelamaran sebagaimana dalam pengumuman ini.
Persyaratan Umum Pencari Kerja :
  1. Warga Negara Indonesia (WNI) yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia, dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  2. Berusia serendah-rendahnya 18 tahun pada tanggal 1 September 2017 dan setinggi-tingginya 35 tahun pada tanggal 1 Desember 2017.
  3. Sehat jasmani, rohani serta tidak mengonsumsi/menggunakan narkotika, psikotropika, prekusor, dan zat adiktif lainnya (NAPZA). Surat keterangan NAPZA dari Rumah Sakit Pemerintah setempat yang masih berlaku disampaikan pada saat pemberkasan bagi pelamar yang telah dinyatakan lulus semua tahapan seleksi.
  4. Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih.
  5. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS/Anggota TNI/Polri atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
  6. Tidak berkedudukan sebagai CPNS atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan/atau tidak sedang menjalani perjanjian/kontrak kerja/ikatan dinas pada instansi lain, baik instansi di dalam maupun di luar lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  7. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis.
  8. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan.
  9. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Persyaratan Khusus Pencari Kerja :
Bagi pelamar jenis formasi cumlaude/pujian berlaku persyaratan khusus sebagai berikut
  1. Bagi formasi S1 :
    • Pelamar lulus S1 dengan predikat cumlaude / summa cumlaude dari program studi yang terakreditasi A pada lembaga Perguruan Tinggi Negeri atau swasta yang terakreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada tahun ijazah dikeluarkan
  2. Bagi formasi S2 :
    • Pelamar lulus S2 dengan predikat cumlaude/summa cumlaude dan memiliki ijazah S1 dengan predikat cumlaude/summa cumlaude dari program studi yang terakreditasi A pada lembaga Perguruan Tinggi yang terakreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada tahun ijazah dikeluarkan
Bagi pelamar jenis formasi umum, disabilitas, dan Putra/putri Papua dan Papua Barat berlaku persyaratan khusus sebagai berikut:
  1. mendapatkan ijazah S1 atau S2 dari Perguruan Tinggi yang terakreditasi
  2. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) S1 paling rendah 2,75 (dibuktikan dengan transkip nilai yang diterbitkan secara sah oleh Perguruan Tinggi yang bersangkutan)
  3. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) S2 paling rendah 3,0 (dibuktikan dengan transkip nilai yang diterbitkan secara sah oleh Perguruan Tinggi yang bersangkutan).
Info Lain – Lain :
  1. Setiap pelamar wajib mematuhi dan mengikuti seluruh ketentuan yang ditetapkan
  2. Apabila dikemudian hari pelamar terbukti memberikan data yang tidak sesuai dengan fakta atau melakukan manipulasi data baik pada setiap tahapan seleksi maupun setelah diangkat menjadi CPNS/PNS dengan demikian kelulusan yang bersangkutan dinyatakan batal dan/atau yang bersangkutan diberhentikan sebagai CPNS/PNS
  3. Apabila pelamar telah dinyatakan lulus tetapi tidak menyampaikan kelengkapan berkas untuk penetapan NIP sampai batas waktu yang ditentukan, dengan demikian kelulusan yang bersangkutan dinyatakan batal dan/atau yang bersangkutan dianggap mengundurkan diri
  4. Dihimbau agar tidak mempercayai apabila ada orang/pihak tertentu (calo) yang menjanjikan dapat membantu kelulusan dalam setiap tahapan seleksi dengan keharusan menyediakan sejumlah uang atau dalam bentuk lain
  5. Panitia seleksi tidak melayani komunikasi dengan pelamar dalam bentuk apapun. Pelamar diharapkan selalu memantau perkembangan informasi yang diumumkan pada laman http://cpns.kemdikbud.go.id
  6. Informasi dan penjelasan lain terkait pelaksanaan seleksi CPNS Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dapat dibaca melalui Frequently Asked Question (FAQ) yang telah disediakan pada laman http://cpns.kemdikbud.go.id. Layanan pengaduan selama prosesseleksi CPNS 2017 dapat disampaikan melalui alamat email: helpdesk.cpns@kemdikbud.go.id dengan memperhatikan tata cara penyampaian pengaduan.
Demikian diatas penjelasan mengenai kriteria informasi dan persyaratan CPNS Kemendikbud / Kementrian Pendidikan Kebudayaan yang telah dibuka di bulan Septem31

Semoga informasi yang kami sajikan bermanfaat bagi para pembaca Info Loker PNS. Terimakasih Sumber : Kemendikbud

Info Lowongan CPNS Kemendikbud September 2017 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments :

Posting Komentar