Lowongan Kerja 2017- 2018 PNS, BUMN, Persero dan Swasta untuk SMK D3 dan S1,Lowongan Kerja Update 2016-2017

05/10/14

Seleksi Penerimaan Perwira TNI 2014 Dikmapa PK

Seleksi Penerimaan Perwira Prajurit Karier TNI 2014 - Sekilas mengenai sejarah TNI atau Tentara Nasional Indonesia adalah  nama sebuah angkatan perang dari negara Indonesia. Pada awal dibentuk bernama Tentara Keamanan Rakyat (TKR) kemudian seiring berjalan waktu berganti nama menjadi TRI ( Tentara Republik Indonesia ) yang kemudian digantikan menjadi Tentara Nasional Indonesia (TNI) hingga saat ini.

Tentara Nasional Indonesia (TNI) merupakan benteng pertahanan Negara Indonesia yang terdiri dari tiga angkatan bersenjata, yaitu TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Udara dan terakhir TNI Angkatan Laut. TNI sendiri dipimpin oleh seorang Panglima TNI, sedangkan masing-masing angkatan dipimpin oleh seorang Kepala Staf Angkatan.

Seleksi Penerimaan Perwira Prajurit Karier TNI 2014,Penerimaan Perwira Prajurit Karier TNI 2014,Seleksi Penerimaan Perwira TNI


Pada masa Demokrasi Terpimpin hingga masa Orde Baru, TNI pernah digabungkan dengan POLRI. Penggabungan ini disebut dengan ABRI (Angkatan Bersenjata Republik Indonesia).

Sesuai Ketetapan MPR nomor VI/MPR/2000 tentang pemisahan TNI dan POLRI serta Ketetapan MPR nomor VII/MPR/2000 tentang Peran TNI dan peran POLRI maka pada tanggal 30 September 2004 telah disahkan Rancangan Undang-Undang TNI oleh Dewan Perwakilan Rakyat yang selanjutnya ditandatangani oleh Presiden Megawati Soekarnoputri pada tanggal 19 Oktober 2004.

Pada bulan oktober 2014 ini TNI membuka kesempatan bagi putra-putri bangsa Indonesia yang memiliki jiwa patriotisme untuk bergabung menjadi perwira TNI menjadi Benteng Pertahanan Tanah Air Indonesia. Salah satu lembaga yang akan melakukan proses pendidikan sampai menjadi Perwira TNI adalah Dikmapa PK yang merupakan salah satu program penyediaan Perwira TNI yang bersumber dari lulusan Perguruan Tinggi untuk pengisian jabatan dalam organisasi TNI.

Berikut ini kami deskripsikan persyaratan untuk calon perwira TNI yang ingin mendaftar :

Persyaratan Calon Perwira PK TNI

  1. Warga Negara Indonesia pria/wanita, bukan prajurit TNI, anggota Polri maupun PNS.
  2. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  3. Setia kepada NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
  4. Berijazah serendah-rendahnya D3 sesuai kebutuhan angkatan.
  5. Berumur setinggi-tingginya 26 tahun bagi yang berijazah D3, 30 tahun bagi yang berijazah S1, 32 tahun untuk yang berijazah Profesi pada saat pembukaan pendidikan pertama.
  6. Persyaratan IPK untuk jurusan/program studi akreditasi “A” tidak kurang dari 2,80 untuk S1 umum maupun profesi dan 2,70 untuk program D3. Sedangkan IPK untuk jurusan/program studi akreditasi “B” ditambah 0,20, kecuali perguruan tinggi binaan Kemhan/TNI persyaratan IPK tidak kurang dari 2,80.
  7. Berstatus belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama mengikuti pendidikan pertama, kecuali untuk pendaftar berprofesi Dokter diperbolehkan sudah menikah, bagi profesi dokter wanita belum mempunyai anak dan sanggup tidak mempunyai anak/hamil selama dalam pendidikan pertama.
  8. Tidak kehilangan hak untuk menjadi prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.
  9. Sehat jasmani, rohani dan bebas narkoba.
  10. Tinggi badan minimal 163 cm bagi pria dan 157 cm bagi wanita dengan berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku.
  11. Bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) selama 10 tahun dihitung mulai saat dilantik menjadi Perwira TNI.
  12. Bersedia ditempatkan dan ditugaskan di seluruh wilayah NKRI.
  13. Tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh Polri.
  14. Bagi karyawan harus mendapatkan persetujuan dan sanggup membuat pernyataan diberhentikan dengan hormat dari pimpinan instansi yang bersangkutan bila lulus dan masuk pendidikan pertama (Dikma) TNI.
  15. Lulus pemeriksaan/pengujian baik di daerah maupun di pusat yang meliputi :
    1. Administrasi,
    2. Kesehatan badan calon Prajurit TNI,
    3. Kesemaptaan jasmani, renang dan postur,
    4. Psikologi,
    5. Mental Ideologi.
Mengenai daftar jurusan atau fakultas yang dibuka untuk peserta didik Perwira TNI adalah sebagai berikut : 


Pendaftaran Peserta didik Perwira TNI 2014 ini dibuka mulai tanggal : 15 September s.d. 15 Oktober 2014. Sumber

Seleksi Penerimaan Perwira TNI 2014 Dikmapa PK Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown